Tips Merawat AC Rumah Supaya Tidak Cepat Rusak

Suhu di indonesia semakin memanas. Apalagi di daerah perkotaan, suhunya bisa mencapai 35 derajat celcius lebih. Jika hanya menggunakan kipas angin, tentunya tidak bisa mengurangi rasa panas yang dirasakan. Mau tidak mau, anda harus menginstalasi pendingin udara atau air conditioner. Air conditioner (AC) bisa membuat ruangan lebih dingin dan sejuk. Penggunaan yang salah, bisa membuat AC cepat rusak. sayangnya masih banyak orang yang tidak tahu cara menggunakan ac yang benar. Akhirnya ac rusak dan harus memanggil service ac. Berikut ini tips merawat ac rumah supaya tidak cepat rusak.

Bersihkan Filter Udara di Bagian Dalam

Bersihkan bagian filter udara yang terletak di ac bagian dalam. Bagian ini sering terdapat debu yang menempel, akhirnya bisa merusak komponen ac. Cobalah untuk membuka cover indoor, didalamnya ada sepasang filter udara. Lepas bagian tersebut, kemudian cuci dengan air sampai bersih. Anda bisa membersihkan dengan sabun, supaya lebih bersih. Lakukan perawatan ini 2 minggu sekali, sehingga udara yang keluar dari mesin lebih bersih dan maksimal. Proses pemasangan dan pelepasan filter harus hati-hati, supaya tidak rusak.

Tutup Jendela, Pintu dan Ventilasi Udara Saat Menyalakan AC

Saat menyalakan ac, pastikan jendela, pintu dan ventilasi udara tertutup rapat. Dengan begitu dingin yang keluar lebih optimal. Selain itu akan membuat mesin kompresor tidak butuh waktu lama untuk mendinginkan keseluruhan ruangan. Hal ini akan membuat mesin tidak perlu bekerja keras dan mencegah kerusakan terjadi. Bila ruangannya lebih luas dibandingkan kemampuan ac, akan membuat mesin bekerja lebih keras dan cepat rusak.

Lakukan Service Rutin

AC membutuhkan perawatan rutin, minimal 3 bulan sekali. Anda bisa mengundang service ac atau melakukan perawatan sendiri. Anda harus membersihkan ac bagian dalam maupun luar. Karena bagian ini pasti banyak debu dan kotoran yang menumpuk. Jika dibersihkan secara rutin, mesin ac dapat bekerja maksimal dan acnya lebih cepat dingin. Proses pembersihannya membutuhkan keahlian khusus. Oleh karena itu lebih baik panggil service terpercaya.

Jangan Merokok di Ruangan BerAC

Anda pasti sudah sering mendengar, dilarang merokok di ruangan di ac. Hal ini memang tidak boleh dilakukan. Asap rokok bisa membuat ac cepat kotor dan membuat cover indor berubah warna. Tentunya bisa membuat ac cepat rusak dan bentuknya kurang bagus. Menjadi kotor dan kusam. Selain itu nikotin bisa mengendap di evaporator, sehingga udara tidak dingin maksimal dan pengap.

Cek Tekanan Freon Setiap Enam Bulan Sekali

Freon yang mengatur rasa dingin pada ac. Bila freon rusak maka dinginnya tidak maksimal. Jika ada kebocoran, maka tekanan freon berkurang. Terkadang bocornya sangat halus, sehingga sulit untuk dideteksi. Oleh karena itu anda harus melakukan pengecekan tekanan freon minimal enam bulan sekali. Tidak pernah melakukan pengecekan, akan membuat ac cepat mati dan rusak.

Jangan Mengatur Suhu Terlalu Tinggi atau Rendah

Mesin ac terdapat themise yang akan mengatur suhu secara otomatis. Tetapi anda jangan mengatur suhu terlalu rendah atau dingin. Sesuaikan saja dengan kondisi ruangan. Dengan mengatur suhu yang tepat. Mesin kompresor akan bekerja dengan baik. Atur suhu sekitar 20 derajat celcius saja.

Dengan melakukan semua hal diatas, ac anda lebih tahan lama. Jika terjadi kerusakan segera hubungi service ac terpercaya di sejasa.com. sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Deskripsi: service ac profesional banyak sekali, akan membantu merawat ac dengan baik minimal tiga bulan sekali.

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *